Photo

Rumah Budaya Indonesia Sembuhkan Luka Sejarah Masa Lalu

by Superadmin

Indonesia akan segera memiliki Rumah Budaya Indonesia (RBI) yang ditempatkan di beberapa negara di seluruh dunia. Salah satunya adalah di Timor Leste, yang diharapkan mampu memperkenalkan budaya juga majukan pariwisata Tanah Air.
Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kacung Marijan, pembangunan RBI juga bertujuan membangun dan memelihara citra positif Indonesia di mata dunia. Selain itu, diharapkan pula perkembangan pariwisata yang ada di Indonesia akan semakin pesat.
Awalnya, orang harus mengenal dulu kebudayaan suatu negara. Barulah setelah itu, mengunjungi negara yang dimaksud guna melakukan perjalanan dan mengenal Indonesia lebih lanjut. Ini akan berdampak pula pada kemajuan pariwisata di Indonesia,” katanya usai jumpa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, baru-baru ini.
Dia menambahkan, RBI diharapkan menjadi salah satu sarana rekonsiliasi dan pelaksanaan berbagai macam kegiatan dengan semangat berwawasan ke depan serta dapat menyembuhkan luka lama dari sejarah masa lalu. Diharapkan pula rumah ini tak hanya menjadi bangunan budaya, juga seperti sebuah museum yang menampilkan sejarah Indonesia.
RBI nantinya merupakan sebuah bangunan yang berada di negara yang sudah sepakat akan bekerjasama pada program tersebut. Ada 10 negara yang telah menyatakan sepakat untuk menempatkan RBI di negara mereka, di antaranya Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Prancis, Australia, Turki, Jepang, Singapura, Myanmar, akan dibangun segera adalah Timor Leste.
 

 
 

Related Articles