Photo

Yen Menguat, Kiwi Ambil Alih Posisi Dolar AS

by Superadmin

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap yen Jepang kembali mengalami pelemahan. Yen Jepang memegang keuntungan tiga hari terhadap dolar AS, sebelum laporan di AS dan China yang datang di tengah kekhawatiran ekonomi terbesar dunia tengah melambat.
Dolar AS melemah 0,8 persen tahun ini, menurut Bloomberg Correlation Weighted Indexes, yang membandingkan dolar AS dengan 10 mata uang negara berkembang. Sedangkan yen Jepang telah meningkat 2 persen sementara euro naik 0,5 persen.
Kekuatan dalam mata uang tidak akan menghambat proses kenaikan, yang tidak memungkinkan dolar Selandia Baru (kiwi) tetap kuat selama sebulan mendatang," kata manajer valas senior di ANZ Bank New Zealand Ltd, Sam Tuck, seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (13/3/2014).
Indeks perdagangan-tertimbang RBNZ untuk kiwi naik setinggi 79,86, terkuat karena data diperkirakan akan kembali ke 1985 ketika mata uang tersebut menguat tinggi. Kiwi naik menjadi 85,25 sen AS , terbesar sejak 22 Oktober.
Permintaan akan yen Jepang sebagai aset haven naik karena harga komoditas yang ditetapkan untuk slide mingguan terburuk sejak awal tahun ini. Sementara dolar Australia diperdagangkan di dekat level terendah enam minggu terhadap kiwi.
Yen diperdagangkan di 102,73 per dolar AS setelah menguat 0,5 persen selama tiga hari terakhir. Mata uang Jepang berada di 142,85 per euro, naik 0,3 persen minggu ini. Mata uang bersama Eropa menguat tipis ke USD1,3905 per euro dari USD1,3903 per euro.
 

Related Articles