Photo

Rupiah Kian Perkasa di Awal Pekan.

by Superadmin

Jakarta Rupiah mencatatkan penguatan nilai tukar terbaik sejak April 2009 setelah data ekonomi Indonesia yang cerah terus mengundang investasi asing masuk ke Tanah Air.

Seperti dikutip dari data valuta asing (Valas) Bloomberg, Senin (3/3/2014), di pasar bank domestik, rupiah menguat 0,2% ke level 11.581 per dolar AS dan sempat menyentuh level 11.577. Itu merupakan level rupiah terkuat sejak November.

Selama Februari, nilai tukar rupiah berhasil menguat 5,2% dan menjadi penguatan terbaik sejak April 2009. Di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF), rupiah berhasil menguat 0,5% ke level 11.568 dan diperjualbelikan di level 0,1% lebih kuat dari pasar spot.

Menurut survei pada para analis, indeks harga-harga konsumen naik 7,94% pada Februari setelah bulan lalu menguat 8,22%. Bulan lalu, kepemilikan surat utang asing berdenominasi mata uang lokal meningkat Rp 15,2 triliun dan merupakan peningkatan terbesar sejak Oktober.

Laju inflasi bisa saja melambat dari levelnya saat ini. Itu dilihat dari jatuhnya harga-harga pangan yang kami amati. Aliran dana asing yang masuk semakin menguat dan neraca perdagangan sejauh ini masih surplus, dan sepertinya akan terus begitu," ungkap analis pendapatan di PT Maybank Kim Eng Securities,Dini Agmivia Aggraeni.

Sementara itu volatilitas rupiah satu bulan ke depan, tercatat melemah sembilan basis poin ke level 11,27. Association of Banks di Singapura mencatat kurs rupiah di pasar NDF berada di level 11.604.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia menunjukkan rupiah berada di level 11.596 pada perdagangan hari ini.

 

Related Articles