Photo

BI Wajibkan Kartu Debet Gunakan Chip di 2016

by Superadmin

Mulai Januari 2016 Bank Indonesia (BI) akan menerapkan peraturan chips pada kartu debit. Hal ini dilakukan sebagai salah satu jalan untuk memberikan perlindungan lebih pada konsumen.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran (SP), Rosmaya Hadi, mengatakan kartu debit berchips, memiliki keamanan lebih tinggi dari pada yang menggunakan magnetik.

Meski telah akan diberlakukan kurang dari dua tahun lagi, namun saat ini BI belum tahu persis berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program migrasi pad chip.

"Itu tergantung kondisi bank tersendiri. Ada bank yang memiliki kartu debet ribuan ada juga bank-bank yang memiliki jutaan kartu debet. Karenanya kita selalu meminta laporan untuk memantau itu, jadi belum bisa kami sampaikan,"ujar di Gedung BI, Jumat (21/2/2014).

Maya menjelaskan, penggunaan chips tersebut akan tetap dilaksanakan awal 2016. Selain itu, nantinya nomor identifikasi pribadi (PIN) akan menjadi minimal enam digit.

"Mereka (perbankan) pun komit kok ke kita. Kita targetkan 1 Januari 2016 semua kartu Debet sudah menggunakan chip," tukas dia.

Related Articles