Photo

Daftar Maskapai yang Stop Operasi karena Gunung Kelud Meletus

by Superadmin

Meletusnya Gunung Kelud di Jawa Timur membuat maskapai penerbangan nasional menghentikan operasi mereka sementara waktu demi keamanan penumpang. Tercatat, ratusan penerbangan dari sejumlah maskapai batal beroperasi pada Jumat (14/2/2014) ini.Penghentian penerbangan ini terjadi setidaknya di 5 bandara di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yakni, Bandara Djuanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo, Adi Sudjipto Yogyakarta, Abdul Rachman Saleh Malang dan Achmad Yani Semarang.

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan mengaku pihaknya telah meminta maskapai untuk menghentikan operasi seusai Gunung Kelud meletus demi keamanan penumpang.

Penghentian operasi ini dilakukan sampai melihat kondisi lebih kondusif yang diperkuat pernyataan dari instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan.

Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Abu vulkanik menyembur hingga ketinggian 17 kilometer dari puncak Gunung Kelud. Akibatnya 2 orang dilaporkan tewas dan 18 orang lainnya dilaporkan hilang.

Gunung Kelud mulai erupsi pada Kamis malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kelud berstatus Awas atau level IV sejak Kamis 13 Februari pukul 22.15 WIB.

Berikut daftar maskapai penerbangan yang berhenti operasi akibat letusan Gunung Kelud:

1. Garuda Indonesia 84 penerbangan
2. Lion Air 90 penerbangan
3. Indonesia AirAsia 15 penerbangan
4. TigerAir Mandala 12 penerbangan
5. Citilink 54 penerbangan
6. Sriwijaya Air 33 penerbangan
7. Wings Air 2 penerbangan

Related Articles