Photo

Tak Ingin Tambah Utang untuk Liburan, Yuk Simak Tips Berikut

by Superadmin

Libur akhir tahun 2013 segera tiba, Bagi Anda yang sudah menyiapkan dana liburan akhir tahun mungkin sudah tenang untuk pergi berlibur.Lalu bagaimana bila Anda juga belum menyiapkan dana untuk libur akhir tahun 2013 ini? Wah rencana libur Anda mungkin tidak terlaksana.

Menurut Perencana Keuangan Finansia Consulting, Eko Endarto menuturkan, biasanya masyarakat Indonesia kurang merencanakan pergi liburan apalagi mengumpulkan dananya. Biasanya dana cadangan dapat dipakai untuk pergi berlibur.

Eko menambahkan, bila memang tidak memiliki dana untuk liburan sebaiknya jangan menganggu pengeluaran yang bersifat investasi.

"Bonus akhir tahun dapat digunakan untuk liburan tetapi jangan terlalu diandalkan, dan sebaiknya menyisihkan dana liburan dari jauh-jauh hari," kata Eko.

Selain itu, Eko mengingatkan, sebaiknya liburan jangan membebani keuangan hingga berutang.

"Bila memang harus berutang sebaiknya jangan sampai memberatkan keuangan. Bila total maksimal utang 30% yah sebaiknya jangan melebihi utang itu hanya untuk liburan," ujar Eko, saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (15/12/2013).

Eko pun menambahkan, sebaiknya memastikan biaya bersifat wajib dari jauh-jauh hari untuk pergi berlibur. Agar liburan dapat terlaksana dan tidak membebani keuangan, Eko memberikan sejumlah tips untuk menyiapkan dana liburan:

1. Sebaiknya menyiapkan dana dan memesan tiket untuk transportasi pulang pergi (PP) jauh-jauh hari.

2. Akomodasi, sebaiknya sudah mempersiapkan jadwal sesuai dengan tanggal pulang. Dana untuk transportasi dan akomodasi ini sebaiknya 50% telah disiapkan dengan sebaik-baiknya sebelum pergi berlibur.

3. Siapkan dana yang bersifat fleksibel seperti makan, tempat wisata, oleh-oleh.

4. Siapkan dana sesuai tujuan. Bila memang pergi berlibur ketika masa anak-anak sekolah sebaiknya disiapkan minimal satu tahun sebelumnya.

Related Articles