Photo

Kemenpera Siapkan 1.200 Unit Rumah pada 2014

by Superadmin

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan menyiapkan rumah sebanyak 1.200 unit pada 2014. Jumlah itu naik sekitar 502 unit dari pengadaan rumah pada 2013 sebesar 698 unit. Kemenpera menyiapkan dana sebesar Rp 94 miliar untuk pengadaan rumah pada 2014.

"Kami sedang siapkan rumah yang mencapai 698 unit di tahun ini, sedangkan tahun depan sebanyak 1.200 unit itu juga kalau tidak ada masalah, yang masalah tidak punya hak relokasi, karena mereka minta ganti ruginya uang langsung," ujar Deputi Bidang Perumahan Formal Kemenpera, Pangihutan Marpaung, ketika ditemui di kantor Kemterian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (9/12/2013).

Pangihutan menjelaskan, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 55 miliar untuk merampungkan penyediaan rumah pada 2013. Sedangkan pada tahun depan menyiapkan dana sebesar Rp 94 miliar pada 2014.

Adapun dana yang disiapkan oleh Kemenpera untuk bangunan rumahnya saja, sedangkan penyediaan tanah itu tanggung jawab oleh pemerintah daerah (pemda).

Kemenpera menginginkan tanah yang memiliki jenis kontur curam. Hal itu karena kalau tidak mendapatkan tanah berjenis kontur curam, maka Kemenpera sangat susah membangun rumahnya.

"Pemda yang harus menyiapkan tanah yang siap bangun, agar kami membangunnya dengan mudah dan gampang," tutur Pangihutan.

Lanjut Pangihutan, dengan penyiapan rumah itu sejak 2013 hingga tahun depan, diharapkan rumah tersebut dapat tersalurkan kepada masyarakat secara baik. Masyarakat dapat merasakan rumah yang disediakan oleh pemerintah secara langsung.

"Adapun dana kerohiman yang disiapkan pemerintah pusat sebanyak Rp 76 miliar yang mau diberikan kepada masyarakat. Masyarakatnya cukup banyak, untuk itu perlu dikaji lagi, apakah melanggar aturan atau tidak," ujar Pangihutan

Related Articles