Photo

Prospek Properti pada 2014 Masih Menjanjikan

by Superadmin

Prospek properti pada tahun depan masih menjanjikan. Hal itu dikarenakan pemerintah semakin peduli terhadap pemilikan rumah bagi masyarakat.

Pemerintah berusaha untuk meningkatkan daya beli masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan memberikan fasilitas KPR dengan suku bunga yang tetap dan terjangkau hingga 20 tahun.

Dikutip dari laman Kemenpera, Selasa (3/12/2013), untuk menghindari peruntukan rumah sederhana tidak tepat sasaran maka pemerintah berusaha menjadikannya tidak menarik bagi masyarakat menengah ke atas untuk dijadikan sarana investasi. Salah satunya adalah dengan mengurangi sarana atau infrastruktur, seperti lahan parkir.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Perumahan Rakyat Sri Hartoyo mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 mengenai Kawasan Permukiman dan UU Nomor 20 Tahun 2011 mengenai Rusun semua hal tersebut sudah diamanatkan.

"UU sudah mengatur dan melarang pengalihan rusun yang dimiliki atas fasilitas subsidi dari pemerintah," terangnya.

Saat ini, lanjut Sri Hartoyo, Kemenpera juga sedang mempersiapkan permenpera yang mengatur tentang larangan tersebut. Menurutnya, jika hal itu terjadi maka akan ada pembatalan pemilikan rusun dan nantinya akan dibentuk sebuah badan yang akan mengalihkan rusun tersebut kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Selain itu, pemerintah juga sedang mempersiapkan UU Tapera yang pada akhirnya akan semakin memberikan kesempatan kepada MBR untuk mempersiapkan dana bagi pemilikan rumah ke depan

Related Articles