Photo

Lebarkan sayap, Astra rambah bisnis properti tahun depan

by Superadmin

PT Astra Internasional Tbk (ASII) berencana mulai merambah sektor properti pada tahun depan.

Proyek pertamanya adalah membangun Menara Astra di tanah seluas 2,4 hektar di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan yang merupakan milik PT Toyota Honda Motor.

Nantinya, menara tersebut terdiri dari 50 lantai yang rencananya akan selesai dalam waktu empat tahun. Nilai investasinya sebesar Rp 7 triliun. Rencana ekspansi ini sendiri telah dilaporkan ke pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami melihat semakin pesatnya pertumbuhan kelas menengah di Indonesia. Itulah yang membuat kami memutuskan untuk mulai masuk ke sektor properti," ujar Presiden Direktur ASII Prijono Sugiarto saat acara 'Workshop Wartawan Pasar Modal' di Bandung, Jumat (8/11).

Dia menambahkan saat ini proyek tersebut menuju proses pemancangan tiang pertama (groundbreaking). Proyek ini akan digarap bersama dengan perusahaan properti asal Hongkong, Hongkong Land Group.

Rencananya, Menara Astra akan menjadi kantor baru PT Astra Internasional dan bagian belakangnya akan dibangun perumahan. Prijono menambahkan, sektor properti dinilai sebagai bisnis yang cukup menarik. Karena itu, PT Astra Indonesia sudah membentuk satu tim yang bertugas menjajaki peluang untuk serius masuk ke sektor properti.

"Meningkatnya kelas menengah di Indonesia merupakan nilai tambah yang menjadi pertimbangan Astra Internasional untuk masuk ke sektor properti," jelas dia.

Meski memulai bisnis baru di sektor properti, perusahaan akan tetap mengandalkan bisnis intinya seperti otomotif, perkebunan, pertambangan dan jasa keuangan untuk menjadi andalan pada tahun depan.

Related Articles