Photo

Rupiah Belum Beranjak dari Level Rp11.600

by Superadmin

Pergerakan Rupiah masih belum berubah banyak, meskipun berhasil sedikit menguat. Pada pembukaan pagi ini, Rupiah dalam perdagangan non-delivery forward (NDF) menguat tipis namun tetap berada di level Rp11.600 per USD.

Melansir Bloomberg, Selasa (19/11/2013), Rupiah diperdagangkan di Rp11.620 atau naik tipis 15 poin atau 0,13 persen dari penutupan sebelumnya di Rp11.635 per USD. Sementara Yahoofinance mencatat Rupiah di jual di Rp11.630 per USD.

Head of Research & Analysis BNI, Nurul Eti Nurbaeti, mengatakan kemarin Rupiah melemah di level Rp11.632 per USD, setelah bergerak di kisaran Rp11.595-Rp11.640 per USD.

"Tekanan Rupiah belum juga berkurang di tengah mulai meningkatnya permintaan dolar Amerika Serikat (AS) menjelang akhir tahun, hingga mendorong terbatasnya pergerakan Rupiah," kata dia dalam risetnya di Jakarta.

Meski demikian, dia mengungkapkan pergerakan Rupiah masih terbantu dengan masuknya dana asing di pasar saham domestik. "Sehingga mampu memberi sentimen positif untuk Rupiah," tambah dia.

Oleh karena itu, dia berharap pergerakan indeks tetap berada di teritori positif, sehingga membantu mengurangi tekanan untuk Rupiah. "BI diperkirakan terus memantau pergerakan Rupiah dan menjaga stabilitas nilai tukar sepanjang hari ini," tukas dia.

Related Articles