Photo

Pekerja Lepas: Hati-hati Mengatur Keuangan

by Superadmin

Dengan penghasilan yang tidak teratur, pekerja lepas dituntut lebih cermat mengelola keuangan. 

Dalam buku The Money Book for Freelancers, Part-Timers, and the Self-Employed, Joseph D’Agnese dan Denise Kiernan memaparkan beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pekerja lepas dalam mengelola keuangan: 

1. Jangan habiskan sekaligus 
Perlu diingat, Anda tidak mendapatkan pemasukan secara teratur. Oleh karena itu, jangan tergiur untuk menghabiskan penghasilan Anda sekaligus. Sebaiknya sisa penghasilan Anda disimpan dalam rekening terpisah. 

2. Siapkan dana darurat 
Jumlah dana darurat yang perlu dipersiapkan oleh pekerja lepas adalah 12 kali pengeluaran bulanan. Dana ini bisa digunakan untuk kondisi di luar dugaan, misalnya ada keterlambatan pembayaran dari pihak klien. 

3. Sisihkan dana tambahan 
Sisihkan dana tambahan dari penghasilan Anda untuk membayar pajak penghasilan, polis asuransi, dan tabungan pensiun. Sebagai pekerja lepas, Anda harus menanggung sendiri biaya asuransi kesehatan dan jaminan pensiun. Untuk mengetahui dana pensiun yang perlu Anda persiapkan, cek di sini

4. Manfaatkan aplikasi ponsel 
Gunakan alat bantu yang bisa memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. Beberapa smartphone dilengkapi fitur yang membantu Anda mengelola keuangan, seperti iReconcile dan HomeBudget. Ada pula fitur Pageonce Money & Bills yang akan mengingatkan kapan Anda harus membayar tagihan.

Related Articles