Photo

Selasa Siang, Rupiah Melemah Terbatas di Level Rp 9.715 / USD

by Superadmin

Kondusifnya ekonomi Indonesia,  membatasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Selasa pagi yang tertekan  sebesar tujuh poin.  Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar tujuh poin menjadi Rp 9.715 dibanding posisi sebelumnya Rp 9.708 per dolar AS.Kurs rupiah melemah tipis tertahan ekonomi Indonesia yang masih positif. Rupiah kembali melemah dipicu kondisi eksternal yang masih negatif setelah pertemuan G20 tidak mensinyalkan adanya pertentangan terhadap kebijakan stimulus Jepang.  Dengan penurunan mata uang yen maka memberikan kesempatan bagi dolar AS untuk menguat dimana sebelumnya sempat melemah karena ekspektasi bahwa The Fed masih akan mempertahankan program pembelian obligasi.

Selain itu,  pelemahan rupiah juga masih terbatas menyusul data  Foreign Direct Investment  (FDI) Indonesia untuk kuartal pertama 2013 yang menunjukkan kenaikan 27,2 persen (yoy) menjadi 6,7 miliar dolar AS.  Data-data AS yang tidak memperlihatkan kemajuan atau masih dalam perlambatan akan menekan dolar AS sehingga potensi penguatan rupiah masih cukup besar.

Di sisi lain, Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM)  mencatat realisasi investasi untuk triwulan pertama 2013 mencapai Rp 93 triliun atau naik 30,6 persen dibanding periode sama tahun lalu.  Naiknya investasi ini membuat ekspektasi pertumbuhan ekonomi periode itu masih cukup tinggi antara 6,2 persen-6,3 persen.

Dominasi penanaman modal asing (PMA) mencapai 70,4 persen sedangkan sisanya hampir 30 persen adalah PMDN, dengan alokasi investasi di luar Jawa mencapai 48 persen sedangkan 52 persen masih di Jawa. 

Related Articles