Photo

Indeks Harga Konsumen AS Turun 0.2% Pada Bulan Maret

by Superadmin

Pada hari Selasa, Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa indeks harga konsumen AS sedikit menurun pada bulan Maret, ketika turunnya harga bahan bakar dan energy lainnya di AS.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa, indeks harga konsumen turun sebesar 0.2% pada bulan Maret, sedangkan indeks harga bahan bakar turun sebesar 4.4%. Secara keseluruhan harga energy turun sebesar 2.6%, ketika harga untuk listrik juga menurun. Meskipun demikian, indeks harga barang inti, di luar pangan dan energi, naik sebesar 0.1%.

Survei ekonom oleh Dow Jones Newswires telah memperkirakan penurunan sebesar 0.1% pada indeks harga konsumen dan 0.2% untuk kenaikan indeks barang inti.

Penurunan yang terjadi pada harga energi telah diimbangi oleh indeks harga pangan yang tidak mengalami perubahan di bulan Maret, ketika harga susu turun, namun untuk harga produk cereal dan roti telah mengalami kenaikan.

Pada indeks harga konsumen 1.5% dan harga pokok naik 1.9% dari tahun lalu. Sedangkan untuk target inflasi Fed sebesar 2.0%.

Sementara itu, pada data terpisah yang dilaporkan oleh Departemen Tenaga Kerja hari ini menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata telah naik sebesar 0.5%, ketika rata-rata upah pekerja mingguan dan upah pekerja yang dibayar setiap jam mengalami kenaikan.

Related Articles