Photo

Kamis Siang, Rupiah Bergerak Menguat ke Level Rp 9.688 / USD

by Superadmin

Financeroll -  Nilai tukar rupiah pada Kamis pagi hingga siang (11/4) bergerak menguat sebesar  30 poin terhadap dolar AS dipicu penantian pelaku pasar uang terhadap rapat dewan Gubernur Bank Indonesia (BI)  terkait suku bunga acuan (BI rate).Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada hari ini bergerak menguat nilainya sebesar 30 poin menjadi Rp 9.688 dibanding posisi sebelumnya Rp 9.718 per dolar AS.  Seraya menunggu rapat BI, pelaku pasar uang mengambil posisi pada nilai tukar domestik sehingga menguat.

Selain itu, bank sentral AS yang mensinyalkan untuk terus melakukan injeksi likuiditas dalam kerangka pelonggaran kuantitatif (QE) tahap tiga hingga akhir tahun ini dinilai positif oleh pasar keuangan.  Penguatan nilai tukar domestik itu juga tidak terlepas dari intervensi BI  agar nilai tukar rupiah sesuai dengan kondisi fundamental Indonesia.

Pergerakan nilai tukar rupiah masih melanjutkan penguatan dengan sentimen masih dari upaya bank sentral AS dengan pelonggaran moneternya sehingga membantu mendorong upaya pemulihan ekonomi global.  Turunnya inflasi China memicu pelaku pasar keuangan berekspektasi bahwa negara itu akan mengurangi pengetatan moneter ekonominya sehingga memberi sentimen positif bagi mata uang Asia termasuk rupiah.

Related Articles